Press Release : Pengertian, Manfaat, 6 Jenis, Format

Jasa press release bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan digital marketing, seperti engagement rendah, personal branding, dan banyak lainnya.

Pernah terpikir untuk menggunakan jasa press release? Bagi pelaku usaha, ini bisa jadi kegiatan yang menguntungkan, lho. Mengapa demikian?

Press release atau siaran pers menjadi sesuatu yang penting untuk promosi perusahaan, tetapi sering diabaikan oleh pebisnis ataupun pelaku startup. Padahal, siaran pers cukup membantu untuk menaikkan brand atau produk.

Perusahaan besar biasanya mempunyai divisi tersendiri untuk membuat siaran pers. Ini adalah bagian dari strategi marketing mereka.

Untuk Anda yang saat ini sedang membuka usaha, siaran pers penting sekali untuk dipelajari dan dipahami manfaatnya.Informasi kali ini akan membahas tentang pengertian press release, tujuan, dan manfaatnya. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Press Release

Secara sederhana, press release adalah berita singkat yang berisi aktivitas perusahaan yang diterbitkan di media massa. Penerbitan informasi tentang perusahaan ini melibatkan jurnalistik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), siaran pers {Press Release} merupakan bahan berita yang disiapkan oleh pihak luar untuk diterbitkan di media massa.

Kemudian, menurut pendapat dari Soemirat dan Ardianto, siaran pers merupakan informasi berbentuk berita yang dibuat oleh bagian Public Relations sebuah perusahaan atau organisasi untuk diberikan kepada pers atau redaksi media massa.

Forbes pun memberikan penjelasan yang sederhana terkait pengertian siaran pers. Menurut Forbes, press release merupakan alat yang dipakai untuk publikasi. Lebih jauh, press release pun bisa dipakai untuk media menyampaikan informasi kepada publik.

Sementara, press release menurut HubSpot adalah sebuah pemberitahuan resmi yang disampaikan langsung oleh perusahaan atau organisasi. Pemberitahuan tersebut diberikan kepada media, baik televisi, koran, maupun radio untuk diteruskan lagi kepada publik.

Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama press release adalah untuk membangun branding perusahaan. Lalu, sudahkah Anda membangun branding melalui ini?

Seperti yang kita ketahui bersama, membuka usaha baru di tengah persaingan ekonomi yang ketat cukup susah. Jika produk Anda belum dikenal oleh publik, publik pun enggan untuk menggunakan produk Anda. Di sinilah pentingnya siaran pers.

Berita yang diterbitkan di media massa, entah itu TV, radio, surat kabar, atau internet, bisa membantu memperkenalkan produk Anda kepada publik.

Karena sudah diterbitkan oleh media yang terpercaya, masyarakat pun tidak akan segan lagi untuk menggunakan produk tersebut.

Tak hanya alasan di atas, masih ada beberapa faktor lainnya yang membuat press release ini penting untuk perusahaan. Itulah yang akan kita bahas lebih lanjut berikut ini.

Fungsi Press Release

Pada dasarnya, fungsi press release tidak hanya untuk memperkenalkan produk. Perusahaan yang sudah memiliki nama besar pun masih membutuhkannya.

Anda bisa menemukan contoh press release perusahaan besar dengan mudah di internet. Ini menjadi bukti betapa pentingnya hal ini.

Selain untuk memperkenalkan produk atau jasa, siaran pers juga berfungsi untuk mengklarifikasi permasalahan terkait perusahaan, mengumumkan kebijakan baru, atau mempublikasikan layanan terbaru.

Info-info penting tersebut perlu diberitakan kepada masyarakat. Oleh karena itu, umumnya perusahaan besar mempunyai divisi tersendiri yang mengurus masalah siaran pers media online.

Di sisi lain, masyarakat pun umumnya membutuhkan press release. Informasi yang keluar langsung dari industri atau perusahaan yang bersangkutan tentu lebih akurat. Hal ini juga meningkatkan trust kepada perusahaan atau industri.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa siaran pers sangat penting untuk perusahaan.

1. Mendapatkan Awareness dan Perhatian dari Masyarakat

Wartawan atau pers mempunyai jangkauan yang lebih luas yang bermanfaat untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, wajar jika banyak perusahaan memanfaatkannya untuk mendapatkan perhatian dan awareness dari masyarakat.

2. Membangun Koneksi dengan Jurnalis/Wartawan

Supaya usaha Anda lebih cepat dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari publik, Anda wajib membangun koneksi dengan wartawan atau jurnalis.

Karena wartawan sebenarnya juga membutuhkan berita, kerjasama ini bisa menjadi simbiosis mutualisme. Wartawan diuntungkan karena mendapatkan berita. Sementara itu, pihak perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan karena artikelnya diterbitkan di media massa tersebut.

Akan tetapi, untuk mereka yang baru saja membuka bisnis, membangun kerja sama dengan jurnalis cukup susah dilakukan. Itulah alasan mengapa Anda membutuhkan jasa press release.

Penyedia jasa press release bisa membantu membuat artikel atau berita tentang perusahaan kemudian menerbitkannya di beberapa media massa secara langsung. Kebutuhan Anda pun terpenuhi dengan cepat.

3. Membangun Brand Perusahaan

Sebagaimana pebisnis pada umumnya, Anda pasti ingin perusahaan mempunyai image yang positif bukan? Hal tersebut tidak datang secara tiba-tiba. Anda perlu membangunnya.

Siaran pers bisa membangu membangun image perusahaan yang positif. Yang Anda butuhkan adalah berita-berita positif tentang perusahaan Anda. Berita positif akan membangun persepsi positif dalam masyarakat.

Manfaat Press Release

Selain alasan-alasan di atas, ada juga beberapa manfaat press release bagi usaha Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari siaran pers untuk perusahaan.

1. Mendapatkan Eksposur secara Instan

Untuk perusahaan besar, mereka pasti tak susah untuk mendapatkan eksposur. Akan tetapi, untuk pemilik usaha kecil sampai menengah, sumber dayanya masih terbatas. Oleh karena itu, perlu cara yang lebih efektif untuk mendapatkan eksposur secara instan.

Cara yang dimaksud adalah dengan membuat press release dengan target pasar yang jelas. Perlu perencanaan yang matang untuk menerbitkan berita yang tepat dan akurat tentang perusahaan.

Dalam hal ini, kita harus sepaham bahwa konten adalah raja, sementara distribusi adalah ratunya. Konten bagus tanpa distribusi yang memadai tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jasa press release bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan keduanya secara efektif. Anda tak perlu pusing memikirkan konten yang menarik serta media untuk menerbitkan siaran pers.

Jasa press release memiliki keduanya untuk Anda. Penyedia jasa pun pasti sudah mempunyai banyak link media massa untuk menerbitkan siaran pers.

2. Potensi Penjualan Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, siaran pers umumnya bisa membantu perusahaan dan produk untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Tujuan utama pengenalan tersebut adalah agar mendapatkan kepercayaan dari publik. Dengan menyoroti fitur utama dan manfaat dari produk Anda, potensi penjualan akan meningkat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, hal utama yang harus Anda siapkan adalah konten yang menarik serta distribusi yang baik. Dua hal ini menjadi kunci keberhasilan siaran pers.

3. Optimasi Mesin Pencari

Manfaat SEO juga bisa Anda dapatkan melalui press release. Saat artikel tentang perusahaan diterbitkan di beberapa media online, akan ada backlink ke website Anda. Ini akan mempengaruhi posisi website perusahaan di mesin pencari.

Kemudian, setelah kata kunci bisnis Anda sudah terindeks oleh mesin pencari, seperti google, website Anda bisa muncul di halaman pertama. Ini juga bisa meningkatkan brand bisnis.

4. Media Promosi yang Lebih Efektif

Promosi tidak selalu berkaitan dengan iklan hard sell. Siaran pers juga bisa menjadi alat untuk melakukan promosi bisnis secara halus.

Anda mungkin tidak langsung mengajak masyarakat untuk beramai-ramai membeli atau menggunakan produk. Dengan memperkenalkan perusahaan, produk, atau layanan, perusahaan bisa membangun kepercayaan dengan publik.

Promosi seperti ini biasanya lebih efektif. Mengapa bisa demikian?

Ketika menerbitkan press release terbaru, informasi tentang bisnis tak hanya datang dari pemilik bisnis, tetapi juga dari wartawan. Ada pihak lain yang mengkonfirmasi bisnis Anda.

Apabila Anda berhasil bekerja sama dengan media yang terpercaya, masyarakat pun lebih mudah percaya dengan produk atau bisnis Anda. Inilah alasan mengapa press release bisa dijadikan media promosi yang lebih efektif.

5. Peluang Bisnis Semakin Besar

Setelah bisnis Anda dikenal luas oleh publik, masyarakat pun bisa memberikan penilaian sendiri. Jika image positif berhasil dibangun, peluang usaha pun akan semakin besar.Anda bisa mendapatkan investor melalui siaran pers.

Jadi, tak hanya target pasar yang berhasil dijangkau, tetapi juga para investor yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Press Release

Press Release tidak hanya berkaitan tentang pengenalan produk. Pada aplikasinya, siaran pers mempunyai 6 jenis.

Menurut data dari Forbes, berikut adalah 6 jenis press release yang banyak dipakai saat ini.

1. General News

Jenis press release ini menjadi yang paling umum dipakai. General News merupakan siaran pers yang di dalamnya berisi berita tentang peristiwa.

General news juga sering disebut dengan basic press release. Isinya bisa menjelaskan informasi tentang perusahaan atau produk. Anda bisa menuliskan informasi penting perusahaan yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Contohnya, ketika perusahaan mendapatkan penghargaan, Anda bisa membuat siaran pers yang menyoroti peristiwa tersebut. Informasi penting ini bisa menjadi nilai lebih untuk perusahaan Anda di mata masyarakat.

2. Launch Release

Launch release adalah siaran pers yang berkaitan dengan peluncuran produk perusahaan, situs, layanan, atau hal-hal lainnya yang sifatnya baru pertama kali digelar.

Format launch release ini sebenarnya mirip dengan general release. Akan tetapi, ada penekanan di bagian produk baru yang dirilis.

Karena berkaitan dengan sesuatu yang baru, siaran pers ini biasanya bersifat kasual. Tujuan utama siaran ini adalah untuk memperkenalkan produk baru tersebut kepada publik.

Kemudian, setelah launch release, perusahaan pun bisa membuat semacam follow up dari produk baru tersebut. Follow up tersebut bisa berupa tanggapan masyarakat terkait produk atau lanjutan cerita dari launch release.

3. Product Press Release

Jenis press release yang satu ini mirip dengan launch release. Jika launch release menjelaskan produk, layanan, atau sesuatu yang baru, product press release ini lebih kepada informasi lengkap tentang sebuah produk.

Dalam siaran pers ini, ada informasi terkait spesifikasi, keunggulan, dan hal lainnya yang terkait dengan produk. Karena memuat informasi yang lebih lengkap, masyarakat diharapkan paham betul manfaat tentang produk tersebut.

Press release jenis ini juga bisa berupa review atau ulasan tentang produk, proses pembuatannya, serta keunggulannya.

4. Event Press Release

Press release ini berkaitan dengan event yang digelar oleh perusahaan. Perusahaan besar biasanya sering membuat event, seperti pelatihan, gathering, dan lain sebagainya.

Karena melibatkan masyarakat luas, event seperti ini penting untuk diberitakan kepada khalayak umum.

Misalnya, event gathering perusahaan. Meski event ini tidak melibatkan masyarakat luar, dengan mempublikasikan acara tersebut, masyarakat bisa menilai budaya kerja dalam sebuah perusahaan. Image positif tentang perusahaan pun bisa dibangun.

Event lainnya seperti pelatihan atau workshop juga penting untuk dipublikasikan. Tujuannya adalah agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi acara tersebut.

Untuk penulisan event press release, Anda tak perlu melengkapi unsur 5W + 1H (What, When, Where, Who, Why, dan How). Isinya bisa berbentuk list atau outline. Yang jelas, isi event press release tidak boleh membosankan.  

5. Expert Position Press Release

Jenis press release ini akan fokus pada tokoh yang ada dalam perusahaan. Expert position press release menjelaskan informasi tentang seseorang.

Jenis siaran pers ini akan mirip seperti biografi. Akan tetapi, press release ini akan lebih fokus pada kemampuan seseorang dalam suatu bidang.

Misalnya, informasi yang ditulis adalah tentang founder perusahaan. Isi dari siaran pers ini adalah tentang kemampuan-kemampuan serta berbagai prestasi dari sang founder. Dengan begitu, image positif perusahaan pun akan terbangun.

6. Staff & Employee Press Release

Press release ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar. Saat mereka membuka perekrutan karyawan, perusahaan besar akan membuat siaran pers.

Jika posisi yang dibutuhkan adalah posisi penting, seperti direktur atau komisaris, perusahaan akan segera membuat siaran pers. Isi informasi tersebut berkaitan dengan biografi dari karyawan baru.

Foto executive perusahaan juga akan dipasang agar masyarakat segera mengenal petinggi dari perusahaan tersebut.

Format Press Release

Setelah mengetahui jenis-jenis press release, selanjutnya kita akan membahas format penulisannya.

Pada dasarnya, format press release mirip dengan penulisan berita pada umumnya. Anda bisa menggunakan format piramida terbalik.

Format penulisan ini banyak dipakai karena sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Pada umumnya, masyarakat Indonesia ingin mendapatkan informasi yang cepat dari sebuah berita.

Dengan menggunakan format ini, informasi penting akan ditulis di bagian awal. Kemudian, paragraph-paragraf akhir akan membahas informasi pelengkap.

Piramida terbalik ini biasanya berisi Lead, tubuh berita, dan ekor berita. Nah, untuk siaran pers yang lengkap, Anda bisa menggunakan format penulisan sebagai berikut.

1. Headline atau Judul Press Release

Headline atau judul adalah hal utama yang akan dilihat dari siaran pers. Oleh karena itu, Anda harus memberikan judul yang jelas dan sesuai dengan isinya.

Dari judul, setidaknya pembaca bisa menerka isi dari press release, apakah merupakan peluncuran produk, perkembangan bisnis, atau event perusahaan.

2. Lead Berita

Lead berita adalah paragraph awal yang merangkum seluruh informasi penting yang diberitakan. Pada bagian ini, Anda bisa mencantumkan unsur-unsur 5W + 1H.

3. Tubuh Berita

Tubuh berita berisi penjelasan lebih detail tentang berita yang diangkat. Jika di lead berisi informasi yang sifatnya singkat, di sini Anda bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan detail.

4. Ekor Berita

Ekor berita ini bisa berisi tentang informasi tambahan tentang perusahaan. Pada bagian ini, Anda juga bisa menambahkan call to action. Anda bisa meminta pembaca untuk mengunjungi website Anda atau hal lainnya sesuai dengan tujuan pembuatan siaran pers.

5. Press Contact

Pada bagian ini, informasi yang dimuat adalah seputar detail kontak koordinator media. Biasanya berisi tentang siapa saja yang bisa dihubungi oleh reporter atau pembaca untuk memperoleh info lebih lanjut.  

Anda bisa menggunakan format penulisan press release standar di atas. Pastikan juga press release yang Anda buat memuat unsur-unsur 5W + 1H.

Selanjutnya, kualitas konten juga sangat penting. Penulisan siaran pers harus menarik agar pembaca tidak bosan.Jika Anda tidak bisa membuat artikel yang menarik, disarankan untuk menggunakan jasa press release terpercaya.

Cara Membuat Press Release

Selanjutnya, jika Anda ingin mencoba untuk membuat press release sendiri, ada beberapa tahapan yang bisa diikuti.

Sama seperti membuat artikel pada umumnya, pertama-tama Anda harus membuat kerangka tulisan. Sebelum itu, tentukan dulu jenis press release yang ingin dibuat.

Supaya lebih memudahkan Anda dalam membuat press release, berikut cara membuat press release yang bisa diikuti.

1. Pahami Prinsip Pembuatan Press Release

Selain memperhatikan tujuh cara membuat siaran pers di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa prinsip penulisannya.

Hal penting dan utama yang harus diperhatikan adalah sisi keunikan informasi yang diterbitkan. Unik ini tidak harus sesuatu yang aneh.

Anda bisa menulis artikel yang menarik bagi masyarakat. Pilihan lainnya adalah Anda bisa menulis informasi yang penting untuk diketahui oleh masyarakat.

Topik yang dipilih bisa terkait suatu kejadian yang melibatkan atau berdampak bagi banyak orang atau informasi yang penting diketahui oleh masyarakat.

Selanjutnya, Anda juga harus menyesuaikan konten dengan target pembaca. Setiap perusahaan memiliki target pembaca masing-masing. Dalam hal ini, Anda bisa menentukan terlebih dahulu siapa pembaca Anda.

Dengan menentukan target pembaca, Anda bisa menyesuaikan topik konten dan bahasa yang dipakai. Ini menjadi hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kemudian, untuk mengurangi beban pembuatan artikel, perlakukan press release layaknya artikel biasa. Buatlah konten layaknya membuat artikel pada umumnya.

Anda hanya perlu memperhatikan beberapa detail penting agar artikel Anda sesuai dengan standar penulisan siaran pers.

Setelah memahami prinsip penulisan siaran pers ini, Anda bisa lanjut ke beberapa tahapan pembuatan artikel berikut ini.

2. Tentukan Tujuan Pembuatan Press Release

Setiap tulisan yang dibuat pasti memiliki tujuan. Untuk Anda yang saat ini sedang berusaha untuk membuat press release, tentukan dulu tujuan pembuatan tulisan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa jenis press release. Anda bisa memulai dengan menentukan jenis siaran pers. Selanjutnya, Anda tinggal membuat beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui siaran pers tersebut.

Tujuan atau target ini nantinya bisa menjadi bahan penilaian apakah siaran pers Anda berhasil atau tidak. Oleh karena itu, penting sekali membuat target untuk mengetahui keberhasilan siaran pers yang dibuat.

3. Tentukan Tema atau Pesan Dasar yang ingin Disampaikan

Setelah jenis dan tujuan sudah berhasil dibuat, selanjutnya Anda bisa menentukan tema. Kira-kira, apa yang ingin Anda sampaikan?

Tema ini tentu berkaitan dengan jenis dan tujuan pembuatan press release. Anda mungkin bisa memposisikan diri sebagai pembaca atau target pasar terlebih dahulu. Caranya dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apa informasi yang dibutuhkan masyarakat?
  • Apa informasi penting yang bisa perusahaan berikan?
  • Apa trend yang sedang berkembang di masyarakat saat ini?

Dengan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda bisa menentukan tema dan intisari press release yang ingin disampaikan.

Selanjutnya, hal penting yang harus Anda pahami adalah pastikan membuat judul yang unik. Dengan cara ini, diharapkan pembaca akan penasaran dan tertarik untuk membaca siaran pers secara lengkap.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Jika judul kurang menarik, kemungkinan tulisan akan dibaca pun semakin rendah.

Lalu, bagaimana caranya membuat judul yang menarik? Anda harus riset terlebih dahulu. Sesuaikan judul dengan trend yang ada saat ini.

Setelah itu, Anda bisa membuat kerangka tulisan. Dari judul, kemudian buat beberapa subjudul. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengembangkan karangan.

4. Gunakan Metode Piramida Terbalik

Tahapan ini sesuai dengan format penulisan siaran pers. Setelah menemukan judul dan membuat beberapa subjudul, saatnya melengkapi tulisan Anda.

Piramida terbalik adalah metode penulisan naskah yang berfokus pada menyajikan informasi secara langsung. Pembaca bisa menemukan intisari tulisan dengan cepat melalui metode ini.

Bagian penting dituliskan di awal tulisan. Bagian ini disebut dengan lead.

Supaya masyarakat tidak berhenti hanya membaca bagian lead, Anda harus menyusun paragraf pertama dengan teknik penulisan yang benar. Buat pembaca penasaran dengan intisari yang Anda buat di bagian lead.

Dengan begitu, mereka tidak akan segan untuk membaca bagian tubuh berita serta ekor berita.

Membuat tulisan yang menarik memang membutuhkan latihan. Jika Anda merasa keberatan, jasa press release adalah solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan pada saat mendesak.

5. Lengkapi Unsur 5W + 1H

Pada tulisan ini, unsur 5W + 1H sering sekali disebut. Mengapa siaran pers harus memuat unsur tersebut?

Pada bagian ini, Anda harus fokus bahwa tulisan press release bertujuan untuk memberikan informasi secara utuh kepada masyarakat.

Keutuhan informasi tersebut bisa terwujud apabila unsur 5W + 1H ini bisa terpenuhi. Berikut adalah penjelasan tentang 5W + 1H.

  • What (Apa): Apa informasi penting yang ingin Anda sampaikan?
  • When (Kapan): Kapan peristiwa atau kegiatan itu berlangsung?
  • Who (Siapa): Siapa yang membuat kegiatan tersebut?
  • Where (Di mana): Di mana kegiatan itu berlangsung?
  • Why (Mengapa): Mengapa kegiatan tersebut perlu digelar? Mengapa masyarakat perlu mendapatkan informasi tersebut?
  • How (Bagaimana): Bagaimana detail kegiatan itu dilaksanakan?

Dari enam unsur di atas, sebenarnya tidak ada aturan unsur terkait mana informasi yang harus ditulis lebih dahulu. Penyusunannya bergantung pada sudut pandang penulis.

Biasanya, informasi yang penting atau yang ingin ditonjolkan akan ditulis lebih dahulu. Hal ini sesuai dengan konsep piramida terbalik.

Selanjutnya, terkait dengan bahasa artikel, pastikan Anda menggunakan bahasa yang baik dan benar ya. Press release harus ditulis dengan memperhatikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Inilah peran penting jurnalis dalam pembuatan siaran pers.

Pihak perusahaan bisa membuat materi untuk dijadikan press release. Selanjutnya, pihak jurnalis akan mengolah data tersebut untuk disesuaikan dengan etika jurnalistik.

Semakin baik materi yang Anda berikan kepada jurnalis, semakin cepat tulisan tersebut akan dipublikasikan.

Jadi, meskipun nantinya ada proses editing yang dilakukan oleh pihak jurnalis, Anda tetap harus membuat artikel yang sempurna.

6. Pakai Ilustrasi yang Menarik

Ilustrasi akan membuat tulisan Anda lebih menarik. Penggunaan ilustrasi dalam siaran pers juga bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan.

Anda bisa menggunakan gambar atau ilustrasi yang sesuai dengan isi tulisan. Dengan gambar tersebut, pembaca akan lebih mudah memahami isi press release.

Untuk Anda yang bingung memilih gambar, gunakan saja foto-foto yang mempunyai sisi cerita. Foto tersebut akan memberikan gambaran yang utuh terkait informasi yang Anda sampaikan.

7. Jangan Lupa Boilerplate

Boilerplate merupakan paragraf terakhir yang sudah terstandarisasi. Pada bagian ini, ditekankan lagi garis besar produk, layanan, serta website perusahaan.

Anda juga bisa menyisipkan call to action. Ajak pembaca untuk mengunjungi situs Anda. Gunakan bahwa yang halus agar timbul kerelaan hati pembaca untuk berkunjung ke situs Anda.

8. Lakukan Pengecekan Ulang

Terakhir, setelah tulisan Anda berhasil dibuat, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang. Anda tak boleh melewatkan langkah ini.

Pengecekan ulang ini bertujuan untuk mengurangi typo atau ‘salah ketik’. Selain itu, Anda juga bisa menilai apakah informasi yang Anda berikan sudah bagus atau belum.

Jasa Press Release Murah di Jasapressrelease.com

jasa press release

Apakah Anda masih mengalami kesulitan untuk membuat press release? Jika iya, saatnya menghubungi pihak profesional.

Jasa press release bisa menjadi solusi untuk membuat siaran pers terbaik. Anda tak perlu bingung menyusun tulisan. Anda pun bisa mendapatkan partner yang pro untuk berdiskusi tentang apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

Untuk pelaku bisnis pemula, press release bukan sesuatu yang mudah dibuat. Anda mungkin bisa membuat konten yang bagus, tetapi Anda masih kesulitan dalam mendistribusikan konten tersebut.

Bekerja sama dengan media pun tak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, jasa press release ini sangat dibutuhkan.

Jasa press release terpercaya bisa memberikan solusi atas masalah digital marketing yang selama ini dialami oleh pebisnis pemula. Engagement yang rendah, kurangnya kepercayaan dari masyarakat, dan masalah lainnya bisa dibantu diselesaikan oleh pihak profesional ini.

Anda hanya perlu menemukan penyedia jasa press release profesional. Dengan begitu, masalah digital marketing bisa diselesaikan dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan terkait press release yang berkualitas, Anda tentu membutuhkan partner yang tepat.

Jasapressrelease.com bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhkan tersebut. Apa keunggulan dari penyedia jasa ini?

Pertama, penyedia jasa press release ini melayani semua kebutuhan siaran pers di media nasional ternama Indonesia. Kebutuhan promosi produk dan perusahaan, liputan acara serta agenda penting perusahaan, personal & community branding, hingga opini publik dan klarifikasi bisa dilayani dengan baik.

Kedua, penyedia jasa press release ini juga sudah bekerja sama dengan banyak sekali media massa. Ada lebih dari 20 media massa terkenal di Indonesia yang bekerja sama dengan jasapressrelease.com. Jika press release Anda dimuat di media tersebut, Anda pun akan mendapatkan banyak keuntungan.

Ketiga, jasa yang ditawarkan pun memiliki rate harga yang cenderung murah. Ada beberapa paket harga yang ditawarkan untuk Anda. Harga pun bisa disesuaikan dengan budget perusahaan.

Keempat, press release dipastikan akan mendapatkan optimasi SEO secara penuh. Optimasi ini akan membantu kata kunci perusahaan untuk terindeks oleh mesin pencari. Promosi pun bisa menjadi lebih efektif.

Kelima, pengerjaan cepat dan akurat. Press release biasanya memuat informasi faktual yang harus segera disampaikan kepada masyarakat. Penyedia jasa press release ini pun memprioritaskan kecepatan pengerjaan sebagai hal utama.

Terakhir, ada juga garansi produk. Ada garansi revisi jika konten yang diterbitkan kurang sesuai dengan apa yang diinginkan klien. Selain itu, ada juga garansi permanen untuk konten-konten yang tidak melanggar ketentuan undang-undang.

Dengan segala kelebihan tersebut, jasapressrelease.com adalah parter yang tepat untuk kebutuhan press release. Konsultasikan keresahan Anda dengan ahlinya. Penyedia jasa press release ini adalah yang paling kompeten di bidangnya.