8 Jenis Press Release, Fungsi & Kegunaannya [LENGKAP]

Jasa Press Release – Hadirnya siaran pers membawa peranan penting terhadap sebuah perusahaan, institusi dan organisasi. Instansi dapat memanfaatkannya untuk kepentingan penyampaian informasi. Selain itu juga berguna sebagai sarana promosi. Tidak heran jika jenis jenis press release memiliki perbedaan kriteria dan cara penerapannya.

Jenis Jenis Press Release

Jenis press release yang pertama dikenal sebagai sarana branding agar perusahaan atau organisasi menjadi lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Bila ditinjau dari kriteria dan bentuk penerapannya, ada jenis jenis press release sehingga sifatnya tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya.   

1. Siaran Berita atau Berita Umum

Jenis press release yang satu ini ini dikenal secara umum, baik ide dan kegiatannya bertujuan untuk menghasilkan liputan pada media daring maupun luring.

Perilisan berita umum idealnya memiliki nilai dan disajikan semenarik mungkin agar audiens menjadi tergugah untuk mencari tahu tentang suatu perusahaan.

Para pembaca kemudian menjadi tertarik untuk mengunjungi alamat situs perusahaan guna mempelajari lebih lanjut mengenai seperti apa lingkup bisnisnya.

Timbal balik yang dihasilkan akan lebih signifikan bila kandungan informasi di dalamnya menarik, informatif, serta memberi manfaat bagi khalayak ramai.

2. Siaran Pers Acara

Pengaplikasian siaran pers acara berguna untuk menyebarluaskan informasi mengenai event yang dihadiri, disponsori dan diselenggarakan oleh suatu perseroan.

Jenis press release ini memiliki ciri khas yakni butuh menginformasikan rincian acara secara jelas agar dapat dimengerti maksud dan tujuannya.

Informasi terkait acara dicetak pada suatu media daring maupun luring sehingga khalayak ramai dapat mempelajarinya.

Di sisi lain, siaran pers acara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar menggugah rekan media agar bersedia meliput dan menghadiri event perusahaan tersebut.

3. Siaran Pers Produk

Jenis Press release peluncuran produk hampir serupa dengan siaran pers pengumuman bisnis baru. Hal yang membedakannya adalah bentuk pemberitahuannya menjelaskan tentang spesifikasi barang hasil produksi dengan menginformasikan fitur baru atau keunggulannya agar dikenal oleh banyak orang.

Siaran pers pengumuman produk juga perlu mempertimbangkan dalam hal menyoroti berbagai segi agar pemberitaan menjadi lebih menarik dan layak untuk dipublikasikan.

Fokus perilisan barang disarankan tidak hanya terpusat pada fitur maupun atribut baru tetapi juga manfaat dari penggunaannya.

4. Siaran Pers untuk Rebranding

Perubahan citra perusahaan merupakan inisiatif atau gagasan menarik yang dilakukan oleh suatu industri. Evolusi seperti ini mencakup akuisisi, perubahan arah produk, citra dan penggabungan perseroan. Kegiatan tersebut penting bagi pelaku bisnis untuk menyampaikan pesan.

Pesan disampaikan secara komprehensif kepada para pemangku jabatan atau pelanggan. Rebranding press release dimanfaatkan oleh satu atau lebih industri.

Kegiatan ini dapat membantu ketika perusahaan butuh mengumpulkan setiap rincian ke dalam satu dokumen kemudian menyalurkannya secara luas.

5. Siaran Pers Perilisan Bisnis Baru

Siaran pers menjadi sarana bagi Hubungan Masyarakat dalam menyampaikan informasi mengenai peristiwa atau kinerja kepada masyarakat luas melalui media.

Isi dari press release disajikan secara menarik supaya mampu mengundang perhatian para jurnalis untuk kemudian menyiarkannya.

Pemberitaan juga dapat mencakup pengenalan bisnis baru sehingga perlu membuat pengumuman serta menjelaskan mengapa peluncurannya layak dipublikasikan.

Jenis press release ini hampir serupa dengan perilisan berita umum. Perbedaannya adalah lebih ditekankan pada ketepatan waktu.   

6. Siaran Pers Kemitraan

Kemitraan mampu menjadi pertanda baik bagi banyak orang dan para investor. Maka dari itu perencaanaan dalam siaran pers kemitraan perlu persiapan matang agar pemberitaannya lebih menarik. Penyajian Informasi tidak harus terlalu detail tapi cukup dengan memberi ringkasan secara umum.

Perusahaan dapat memanfaatkan peluang ini untuk memanjakan pelanggan mengenai layanan, fitur maupun pengalaman baru.

Isi press release bisa berupa kutipan eksekutif. Hal ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan kerjasama dari kedua belah pihak.

7. Siaran Pers Perubahan Staf, Karyawan dan Eksekutif

Perusahaan besar tidak jarang mengumumkan staf baru khususnya pada tingkat jabatan tinggi melalui press release.

Isi siaran pers dapat mencantumkan informasi mengenai biografi karyawan tersebut secara luas baik riwayat pekerjaan maupun prestasi yang pernah diraih dari perseroan sebelumnya.

Jenis press release perubahan staf apabila mencantumkan foto juga tidak menyalahi aturan selama diperlihatkan dalam sikap dan tampilan yang sopan.

Dalam hal ini tentu saja isi press release perlu disajikan secara menarik apabila ingin mengundang perhatian dari jurnalis agar bersedia memberitakannya.

8. Siaran Pers Perekrutan Tenaga Ahli

Pada perusahaan yang bergerak di beberapa sektor seperti hukum, perbankan, medis dan farmasi tidak jarang menjadi perhatian bagi banyak orang.

Hal ini menjadi ketertarikan karena dapat diketahui kapan pemilik perseroan menambah seorang ahli untuk terlibat dalam lingkup usaha yang dijalankan.

Jenis press release seperti ini berperan penting dalam membangun brand atau kredibilitas seseorang dalam bidang keahlian tertentu.

Pemilik perusahaan tentu berkomitmen untuk memastikan industri yang berjalan diisi oleh pemimpin atau tenaga ahli sehingga menjadi sumber informasi bagi pihak jurnalis.

Cara Membuat Press Release yang Baik

Salah satu cara dalam memperoleh liputan berita dari media daring maupun luring yakni dengan mengirim press release kepada jurnalis.

Bagi reporter, press release dapat menjadi konten informasi yang ingin dikemukakan dan wajar bila dijadikan untuk pembuatan artikel berita tertulis dan bergambar.

1. Cantumkan Kontekstualisasi yang Singkat

Kriteria dari siaran pers adalah ringkas dan tidak bertele-tele. Pada prakteknya perlu menyampaikan alasan utama agar pewarta bersedia mempublikasikan berita tersebut. Hubungan masyarakat sebaiknya langsung memberi informasi berpola 5W+1H terkait suatu peristiwa secara singkat dan jelas.

Kontekstualisasi ini sengaja dibangun agar audiens sebagai pembaca berita memperoleh gambaran secara jelas mengenai inti dari siaran pers yang telah disebarluaskan. Masyarakat luas dengan sajian informasi tersebut menjadi lebih mudah memahami elaborasi terkait penyampaian kabar berikutnya.

2. Menyajikan Data Pendukung untuk Elaborasi Berita

Pihak Humas dapat menjelaskan berita yang bersifat elaboratif dari penyampaian kontekstualisasi sebelumnya. Pada sisi ini Hubungan Masyarakat punya peluang untuk membangun citra perusahaan menjadi lebih baik bagi para pembaca. Hindari penggunaan narasi prestasi bisnis secara berlebihan.

Hubungan Masyarakat perlu memberi data-data pendukung agar press release menjadi lebih berkesan dan dinilai menarik oleh para pembaca. Humas dapat menyertakan bukti berupa statistik, angka, persentase dan informasi pelengkap lainnya agar dapat menjamin kebenaran berita yang dipublikasikan.

3. Cantumkan Inti Berita ke Dalam Judul

Diperlihatkannya judul berita mampu menarik perhatian banyak pembaca. Hal ini karena title adalah elemen yang pertama kali diperhatikan sebelum audiens membaca tulisan lebih lanjut. Penggunaan headline berita akan lebih efektif jika menggunakan bahasa jelas, lugas dan mudah dimengerti.

Kurang lebih berbagai penjelasan di atas menggambarkan seperti apa jenis jenis press release yang umumnya digunakan.

Kegiatan siaran pers dilakukan untuk berbagai tujuan tertentu dalam hal memberi informasi terhadap pembaca terkait suatu produk, individu, bisnis sesuai publikasi dari peliput berita.